287 Sejarawan Ikuti Konferensi IAHA ke-22

Wawan - Ichsan Miftahul | Senin, 2012-07-02 19:02 WIB | Hits - 177
Konferensi ini, akan membahas masalah sejarah-sejarah di kawasan negara-negara Asia, misal soal kesehatan bagaimana sejarahnya
Baca Juga
Surakarta, Suaraberita.com - Sebanyak 287 sejarawan dari 25 negara di Dunia mengikuti konferensi "International Associations Of Historian Asia" (IAHA) Ke-22 di Kota Solo, Jawa Tengah, yang digelar mulai Senin hingga Jumat (6/7).

Sekretaris Panitia Komite IAHA Restu Gunawan, di Solo, Senin, mengatakan peserta konferensi IAHA sekitar 287 orang para pakar sejarah dari 25 negara, sudah mulai berdatangan di Kota Solo, Senin ini.

Menurut dia, konferensi IAHA tersebut merupakan asosiasi profesi yang bertujuan untuk mengkaji dan mempromosikan penelitian sejarah di Asia. Tema konferensi IAHA ke-22 ini, akan membahas antara lain mengingat masa lalu, mengalami masa kini, dan menjelajahi masa depan.

Menurut dia, dari tema utama tersebut akan dibagi menjadi 11 sub tema yakni mengenai sejarah dan historiografi, gerakan rakyat di daerah Bonder, budaya warisan dari tren masa lalu, dan masa sekarang, Gender, politik, dan demokrasi.

Selain itu, kata dia, sub tema yang dibicarakan juga soal keamanan, pertahanan, dan kesejahteraan. lingkungan dan bencana alam dalam perspektif sejarah, agama dan politik, pariwisata di Asia.

"Demografi, urbanisasi, dan transportasi serta literatur dan kontemporer masyarakat maupun sejarah medis dan kesehatan," katanya.

Konferensi IAHA Ke-22 yang diselenggarakan di Kota Solo, kata dia, daerah ini sangat menarik untuk dikunjungi sebagai kota budaya. Di Kota ini, memiliki banyak seni budaya dan benda-benda peninggalan sejarah yang nilai sangat tinggi.

"Konferensi ini, akan membahas masalah sejarah-sejarah di kawasan negara-negara Asia, misal soal kesehatan bagaimana sejarahnya," katanya.

Menurut dia, semua permasalahan yang masuk di dalam tema utama konferensi IAHA akan dibahas tuntas oleh para pakar sejarah dari berbagai negara. Cerita sejarah-sejarah di kawasan Asia itu, akan dibeberkan semua oleh pembicara sehingga sangat menarik sekali.

Ia menjelaskan, 25 negara yang hadir dalam konferensi IAHA tersebut yakni Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Kanada, China, Jerman, India, Iran, Jepang, Malaysia, Filipina, Nigeria, Belanda, Korea Selatan, Portugal, Singapura, Srilangka, Swedia, Taiwan, Arab Saudi, Amerika Serikat, Vietnam, dan tuan rumah Indonesia. (wan)
Komentar :